Cara Membuat Teka-Teki Silang Bahasa Indonesia Mudah dan Gratis dengan Aplikasi puzzle maker

Fenomena abad 21, era teknologi menghadirkan beragam manfaat bagi umat manusia. Namun di satu sisi kebermanfaatan tersebut menyebabkan pengabaian atau pembiaran di bagian yang lain. 

Yakni suatu gejala yang menunjukan kurangnya minat baca buku dari sebagian besar pelajar atau remaja abad 21. Mereka disibukan membaca dan menulis di media sosial, seperti WA, line, Instagram, facebook dan lain sebagainya. 

Sebagian besar informasi yang dibaca dari sosial media tersebut menurut hemat saya kurang memberikan manfaat. Namun, tidak sedikit juga dari kita para guru maupun orang tua melakukan hal yang sama. Sehingga tidak memberikan contoh yang baik. Ini pendapat saya, bolehkan beda?. Apalagi tanpa data sudah pasti tidak menunjukan keberimbangan tulisan yang baik. Namun di sini saya hanya mau berbagi dan belajar, jika ada yang salah tolong dikoreksi tentang pendapat saya. Oke lanjut...,

Dunia sudah mulai berkembang mengarah ke teknologi yang lebih cangih.


Artinya apa?

Perkembangan teknologi dengan adanya media sosial membuat banyak orang atau masyarakat terlena dengan kecangihan tersebut, sehingga minat baca (khusunya anak-anak) dari hari ke hari terus menurun. Ini tentunya sangat tidak bagus untuk generasi selanjutnya.

Kenapa?

Karena membaca adalah jendela dunia bagi kita untuk mengetahui berbagai hal yang ada di dunia ini, dimulai dari informasi, sains dan lain sebagainya. Oleh Karena itu, minat baca harus ditingkatkan dari sekarang, dimulai dari orang tua dan guru.

Sebagai guru saya mempunyai cara sendiri memaksa anak-anak untuk rajin kembali membaca buku, namun mereka tidak merasa dipaksa. Caranya adalah dengan bermain game. Game yang saya bagikan adalah tentang teka teki silang (TTS). Sebelumnya saya telah membagikan cara membuat TTS dengan menggunakan aplikasi EclipseCrossword. Kali ini saya membagikan cara membuat TTS dengan menggunakan Aplikasi puzzle maker. Tentunya gartis dan bisa digunakan oleh siapapun

Berikut ini tutorial cara membuat TTS Bahasa Indonesia menggunakan puzzle maker.

Langkah Pertama

Kunjungi www.discoveryeducation.com/puzzlemaker atau dengan mengunjungi link berikut ini; http://www.discoveryeducation.com/free-puzzlemaker/?CFID=12061888&CFTOKEN=ba792f60e9588c3c-D83B913C-D319-22B2-31BB0CAA70F9896F

Hasilnya akan muncul seperti gambar berikut ini,
http://www.martinkarakabu.org/2017/07/cara-membuat-teka-teki-silang-bahasa.html

Disini terdapat banyak pilihan. Selanjutnya klik Criss-Cross  untuk membuat teka teki silang (TTS).
http://www.martinkarakabu.org/2017/07/cara-membuat-teka-teki-silang-bahasa.html

Langkah Ke Dua

Nah, setelah masuk halaman ini, langkah selanjutnya kita menentukan judul. Isi judul pada kolom STEP 1.

Contoh : “Teka Teki Silang Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, atau menggunakan judul lainnya sesuai dengan keinginan Anda.
http://www.martinkarakabu.org/2017/07/cara-membuat-teka-teki-silang-bahasa.html

Langkah berikutnya, menentukan jumlah kotak mendatar dan jumlah kotak menurun pada kolom STEP 2. Jumlah kotak TTS menurun dan mendatar pada kolom “STEP 2” tidak boleh lebih dari 50. Anda bisa membuat kotak TTS kecil atau sama dari 50.
Sebaiknya jumlah kota lebih kecil dari 50. Contoh 24 mendatar dan 25 menurun. Hasilnya kurang bagus jika jumlah kotak 50, apalagi jumlah pertanyaan yang disediakan sedikit.
Berikutnya untuk STEP 3 biarkan saja, tetap 30. Ini adalah ukuran kotak, dan itu ukuran normal. Jadi tidak usah di otak atik.
http://www.martinkarakabu.org/2017/07/cara-membuat-teka-teki-silang-bahasa.html

Kemudian STEP 4, ini adalah kolom untuk memasukan pertanyaan dan jawaban. Silakan masukkan pertanyaan dan jawaban teka teki silang pada kolom “STEP 4”. Sebelumnya siapkan dahulu pertanyaan dan jawaban pada format microsoft word.

Contoh Pertanyaan TTS ;

OPPORTUNITY biaya peluang (…. Cost)

Ket :

*Huruf Besar Warna Merah Bold Adalah Jawaban “OPPORTUNITY
*Dan Ini Adalah Pertanyaan “biaya peluang (…. Cost)”
*Jawaban Harus Satu Kalimat

Penulisan untuk pertanyaan pada kolom “STEP 4” tidak harus menggunakan warna merah dan huruf besar. Disini saya menggunakan hal tersebut hanya untuk memperjelas atau membedakan pertanyaan dan jawaban. Intinya jawaban dan pertanyaan ditulis seperti biasa dengan format penulisan berikut ini : Jawaban Space Pertanyaan

Contoh : Opportunity biaya peluang (…. Cost)
Selanjutnya Klik Create MY Puzzle!” untuk membuat teka teki silang yang dimaksud atau TTS yang bapak dan ibu inginkan.
http://www.martinkarakabu.org/2017/07/cara-membuat-teka-teki-silang-bahasa.html

Berikut hasilnya….
http://www.martinkarakabu.org/2017/07/cara-membuat-teka-teki-silang-bahasa.html

Pertanyaan!!!!!
http://www.martinkarakabu.org/2017/07/cara-membuat-teka-teki-silang-bahasa.html

*Tiap kali “Create MY Puzzle!” di klik maka akan muncul teka teki silang dengan bentuk kolom yang berbeda-beda, meskipun dengan pertanyaan yang sama.
*Setelah selesai silakan di copy + paste gambar & pertanyaannya ke microsoft word untuk proses print lebih lanjut.

Nah, demikianlah cara membuat game teka teki silang (TTS) secara sederhana menggunakan applikasi gratis yang sudah ada. Sekarang bapak dan ibu guru, serta sidang pembaca sekalian sudah bisa membuat game teka teki silang (TTS) dengan mudah sesuai pertanyaan yang diinginkan. Dengan adanya aplikasi untuk membuat teka teki silang di atas bisa membantu guru atau tenaga pendidik dalam membuat game yang mendidik untuk membantu meningkatkan minat belajar peserta didik.

Rujukan Artikel Terkait

Baca juga:

Cara Mudah Menggunakan Applikasi Eclipse Crossword untuk Membuat TTS Bahasa Indonesia


Kalau Mengalamai Kesulitan, Baca juga cara membuat TTS Bahasa Indonesia yang manual, Tutorialnya. Klik di sini.


Terakhir, jika bapak dan ibu mau tahu, kenapa saya paksakan diri dan menghabiskan waktu terbaik saya bersama keluarga untuk mempelajari tutorial - tutorial yang kemudian saya bagikan kepada bapak dan ibu sekalian, klik di sini dan baca.


Baca Juga :


Penutup
Jika berkenan kunjungi www.gubanesia.com. Ini adalah sebuah blog yang berisi materi mengajar Bahasa Indonesia. Tidak sempurna memang, tetapi ini adalah tempat saya menyimpan materi-materi mengajar Bahasa Indonesia. 

Oh ya ini semua bukan berarti saya ingin pamer atau berniat mengukuhkan diri sebagai yang paling hebat, SAMA SEKALI TIDAK

Hanya ingin berbagi dengan harapan Bahasa Indonesia semakin dicintai oleh penuturnya sendiri.

Demikian bapak dan ibu guru, serta sidang pembaca yang terkasih tutorial yang saya bagikan.


Selamat mencoba & semoga bermanfaat!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Teka-Teki Silang Bahasa Indonesia Mudah dan Gratis dengan Aplikasi puzzle maker"

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.