Home » , , » Love Yourself

Love Yourself

contoh iklan

Love Yourself
#LoveYourself
          “Cintailah dirimu sendiri.” “Love yourself.” Kita pasti tidak asing slogan ini. Entah dipakai untuk suatu campaign , motto hidup seseorang , atau bahkan tertulis di profile  social media seseorang. Mungkin kalimat-kalimat tersebut sudah terlalu sering didengar dan dipakai orang termasuk kita. Jika ditanya apakah kita mencintai diri sendiri, pasti sebagian besar akan menjawab “Ya, aku cinta diriku kok.” Tetapi, mengapa masih banyak juga kata-kata seperti “Aku gendut sekali.” “Wah rambutmu bagus sekali tidak seperti rambutku, aku iri.” “Aku bodoh sekali dalam bermain basket tidak seperti kamu.” terdengar atau terucap oleh kita?

          Seringkali secara tidak sadar kita mengucapkan sesuatu yang sebenarnya mengarah kepada rasa tidak cinta pada diri sendiri. Atau bahkan ada yang sengaja menjelek-jelekan diri sendiri. Hal ini terjadi saat kita merasa tidak percaya diri atau tidak puas dengan apa yang kita miliki. Apakah hal ini baik? Tentu tidak. Orang sering menganggap mudah tentang rasa cinta diri sendiri, padahal dapat berakibat buruk jika tidak dilakukan. Banyak orang yang menjadi depresi dan tidak jarang yang berakhir bunuh diri karena merasa tidak cukup baik. Hal ini disebabkan karena mereka belum tahu bagaimana cara mencintai diri sendiri dan apa arti cinta diri sendiri itu. Penulis ingin berbagi cara tentang cinta diri sendiri, mungkin terdengar sepele, namun jika dilakukan terus-menerus, akan menjamin mental yang lebih baik dimasa depan.

1. Ketahuilah bahwa cinta diri sendiri bukan berarti egois atau mengagungkan diri sendiri. Cobalah berikanlah dirimu pujian. Katakanlah “Rambutku terlihat bagus seperti ini.” atau “Ternyata warna bola mataku indah.” Mungkin ini terdengar aneh dan jangan salah mengartikan kalau kita mengagungkan dirimu sendiri, ini hanya cara untuk merefleksi diri bahwa kita bersyukur dengan menjadi diri kita sendiri dan apa yang kita miliki.

2. Tidak apa-apa memiliki kekurangan. Tidak ada yang terlahir sempurna di dunia ini, tidak seorangpun. Hal ini sering dianggap sepele oleh kita, namun seringkali kita mengeluh tentang apa yang tidak kita miliki atau apa yang tidak bisa kita lakukan. Mulailah mencari kelebihan dalam diri kita. Tidak apa jika tidak bisa bermain alat musik, mungkin kita lebih ahli dibidang olahraga, atau sebaliknya.

3. “Kupu-kupu itu cantik, begitu juga pohon natal. Dan mereka terlihat berbeda sekali.” Seringkali jika kita melihat seorang artis yang cantik atau tampan, kita akan merasa tidak ada apa-apanya dibanding mereka. Ketahuilah bahwa semua orang mempunyai keindahan masing-masing, tidak terlihat seperti mereka bukan berarti kita tidak ada apa-apa. Semua orang diciptakan berbeda dan semua orang itu diciptakan indah.

4. Ingatlah bahwa kita itu cukup. Banyak diantara kita yang seringkali merasa tidak cukup. Tidak cukup baik, tidak cukup cantik, tidak cukup pintar, dan seterusnya. Pikiran seperti inilah yang dapat membuat kita tidak suka pada diri sendiri. Ketahuilah tidak ada yang bisa menghakimi seperti itu didunia, termasuk dirimu sendiri.

5. Lihat kebawah untuk selalu bersyukur. Mungkin kita seringkali merasa tidak beruntung dan tidak bersyukur dengan apa yang kita miliki. Cobalah melihat orang lain diluar sana, selalu ingat bahwa ada orang lain yang lebih berkekurangan, memiliki cacat fisik atau mental, bersyukurlah jika kita masih diberikan tubuh dan jiwa yang normal.


          Ketahuilah bahwa kita tidak bisa mencintai orang lain atau sekitar sepenuhnya jika kita tidak bisa mencintai diri sendiri. Namun ingat untuk tidak melakukan itu secara berlebihan karena hanya akan berakibat buruk. Cintailah dirimu sendiri sebagaimana seharusnya karena semua orang itu patut dicintai! (Yossy Monica)

Sumber foto
https://medium.com/the-mission/you-cannot-love-others-more-than-you-love-yourself-57fd99f32d75

contoh iklan

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan kesan bahwa anda pernah singgah, walau hanya sesaat.