Meja Bahasa Indonesia

Tulisan Refleksi tentang Meja dan Bahasa Indonesia
“Meja Bahasa Indonesia” nama blog yang saya buat kali ini. Maklum ada dua blog lain yang juga butuh ‘perhatian saya’ setiap ada kesempatan. Blog ini saya buat secara khusus untuk memuat tulisan-tulisan saya seputar materi mengajar bahasa Indonesia; (karena saya seoarang guru Bahasa Indonesia). Selain itu, melalui blog ini saya berharap suatu saat nanti bisa menjadi ajang ‘silaturahmi’; bagi guru bahasa Indonesia di mana saja mengabdi. Selain itu, harapan saya semoga blog ini, bisa menjadi tempat berbagi kisah dengan pengajar Bahasa Indonesia kepada penutur asing. Melalui blog ini juga menjadi penyalur rasa cinta dan bangga saya pada negeri ini.

Oh ya sampai lupa menjelaskan kenapa blog ini diberi nama ‘Meja Bahasa Indonesia. Sebelum menulis topik ini, saya telah mencari beberapa sumber untuk menjelaskan makna kata meja. Berharap melalui refrensi yang didapat membuat tulisan saya semakin ‘bernyawa’. Namun naas, semakin dicari makna kata meja, kepala saya semakin pusing untuk menyimpulkan filsafat meja dari refrensi yang saya cari. Akhirnya saya putuskan biarlah makna meja, dijelaskan sesuai dengan ide awal saya. Meja tentu sacara harafiah adalah tempat untuk meletakan segala sesuatu, ataupun tempat untuk memulai suatu aktifitas. Terdiri dari beberapa kaki yang kokoh untuk menopang.

Meja yang saya maksudkan dari penamaan kepada blog ini adalah mengajar. “Ya ampun sudah panjang lebar segitu doang maksudnya, uda gitu ga nyambung lagi”. Jika mungkin demikian pandang para pembaca maafkan saya. Maklum penulis amatiran yang sedang belajar menulis.

Kembali ke MEJA. Awalan ‘me’ dan sisipan ‘ja’; yang jika disatukan menjadi “meja”. Sekali lagi maksud saya adalah bentuk pendek dari mengajar. Ketidak singkronan ini sengaja saya ciptakan; dan dengan sadar membuatnya. Maksud saya menciptakan hal yang aneh agar orang tertarik untuk sekedar ‘menengok’ blog saya. Heheh ....    maaf. Namun, harapan terbesar saya adalah dari balik meja kerja para guru Bahasa Indonesia di mana saja berada. Maupun pengajar bahasa Indonesia kepada penutur asing yang sedang memperkenalkan Indonesia. Bahasa Indonesia sebagai khasana budaya bangsa semakin ‘dimuliakan’ oleh penutur asing; dan mendapat tempatnya di hati generasi muda Indonesia. Itulah mimpi terbesar saya menghadirkan blog ini.

Meski berbagi kesibukan yang ‘mendera’ berharap konten yang saya tulis dalam blog ini bisa menjadi refrensi bagi para guru Bahasa Indonesia dimana saja berada. Termasuk pengajar Bahasa Indonesia kepada penutur asing. Semoga.


DARI BALIK MEJA KERJA MARI KITA ‘MULIAKAN’ BAHASA NASIONAL KITA..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Meja Bahasa Indonesia"

Posting Komentar