Tentang Makar

Guru Bahasa Indonesia SMA Kanaan Jakarta
Makar, (Martin Karakabu)
Saya senang menyebut diriku Makar, singkatan dari Martin Karakabu. Saya hanyalah anak kampung yang sedang belajar dari hidup, pengalaman, dan lewat perjumpaan saya dengan berbagai karakter manusia. Terutama dalam perjumpaan saya dengan orang-orang Papua yang baik hati dan manusia Jakarta yang sulit kupahami dengan akal. Lahir sebagai anak Flores. Jika anda bertanya Flores itu ada di mana?. Maka segera buka peta Indonesia!. Setelah itu lihat danau tiga warna, kelimutu namanya. Itulah Flores, di sana ada kamodo, hewan purba yang satu-satunya ada di Indonesia, bahkan mungkin dunia. Semua itu hanya ada di Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.  
Kerja kerasku di SMA Kanaan Jakarta mendatangkan hasil
Juara 1 Debat KKG Jakarta

Sebagian besar hidup saya berada di kota Jayapura tanah Papua sebagai perantau. Saat ini saya sedang belajar menjadi seorang pendidik dan imam yang baik bagi istriku tercinta Vina Lamoren’.  Siapa si saya sehingga mengundang orang untuk mengenal anak kampung ini, tetapi jika ingin mengenal saya lebih lanjut baca di Makar si Anak Kampung.


***
Selain belajar menjadi pendidik dari guru-guru hebat yang saya jumpai, di waktu luang saya belajar menulis. Ada enam blog yang saya kelola. Blog pertama dan sebagai blog utama saya yaitu ini. www. martinkarakabu.org adalah blog yang berisi informasi tentang pendidikan. Saya yakin bahwa kata-kata yang terucap akan lenyap. Namun yang tertulis pasti abadi. Itulah yang mendorong saya menghadirkan blog ini di penghujung tahun 2016. Semua saling bersinergi, namun jika perubahan ingin diraih, seriuslah dalam mengurusi pendidikan. Kira-kira itulah pemikiran awal saya dalam membangun blog ini.

Blog kedua saya yaitu cape makar. Blog ini secara khusus saya buat untuk menulis kisah perjalanan saya. Melalui catatan waktu yang saya buat, berharap suatu saat bisa diceritakan kembali bagi anak dan cucu. Atau setidaknya saya pernah ada buat mereka. Itu misi saya pada blog tersebut. Blog ketiga saya adalah www.gubanesia.com. Blog ini hadir karena keprihatinan saya terhadap minimnya apresiasi penerus bangsa terhadap bahasanya sendiri. Dalam blog ini berisi tentang materi-materi mengajar Bahasa Indonesia yang diperuntukan bagi guru Bahasa Indonesia dan pengajar bahasa Indonesia kepada penutur asing.  Harapan saya adalah Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki tempat yang spesial di hati pemiliknya.


Jika pengunjung blog ini ada yang beragama Katolik saya sangat merekomendasikan untuk mengunjungi Renungan Katolik, ini adalah blog yang saya kelola khusus untuk mempublikasikan renungan harian Katolik. Ada juga blog saya yang bernama goblok, blog ini berisi sejumlah arsip dari berbagi blog yang saya kelola. Selin itu terdapat opini yang saya ulas untuk menjawab pertanyaan hati. Jika tertarik dan ingin melihat seluruh ulasan saya yang tidak sempurna ini hubungi go'blok. Selain itu ada blog eskul jurnalistik. Blog ini adalah tempat mempublikasikan karya jurnalistik siswa-siswi SMA Kanaan Jakarta yang tergabung di Eskul jurnalistik yang saya bimbing. Ya semuanya, baik siswa maupun saya masih belajar.

Semua blog tersebut saya buat dengan semangat berbagi pengalaman dan ilmu literasi. Barang kali bisa berarti bagi yang membacanya.
Bersama anak Papua yang hebat

Terima kasih telah singgah sejenak di blog saya. Epan Gawan..***






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tentang Makar"

Posting Komentar