Inilah Tips Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan

Tips Belajar Bahasa Indonesia

Guru adalah aktor utama dalam kelas, jika seorang aktor tanpa kreatifitas maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) memang ada; namun itu hanya untuk memenuhi tuntutan kurikulum dan memenuhi jam mengajar saja. 




Guru Bahasa Indonesia di mana saja mengabdi dan pembaca setia 1Mars GBI” yang terkasih. Sebagai guru, apalagi guru Bahasa Indonesia. Terkadang “kita dituntut” oleh keadaan, untuk selalu memberikan hal baru di depan kelas; Itupun jika para guru menginginkan animo anak terus tertarik belajar Bahasa Indonesia.

Ada beragam cara tentunya, sebelumnya telah saya bagikan cara sederhana menarik minat belajar siswa dengan TTS. Kali ini saya membagikan cara menarik minat belajar Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan siswa itu sendiri. 

Sebagi guru kita hanya memberikan intruksi yang jelas, bersama siswa membangun komitmen, dan penguasaan kelas yang baik dari guru. Maka akan tercipta gaya lama kreasi baru dalam belajar Bahasa Indonesia.

Caranyapun cukup sederhana dan gampang.
1. Kita cukup membagi siswa dalam beberapa kelompok. Setelah itu kita meminta setiap kelompok membuat soal pilihan ganda dengan rujukan buku paket atau diktat pegangan guru Bahasa Indonesia. Hal ini tentunya disesuai dengan jumlah peserta dalam kelompok. Misalnya satu kelompok 4 orang maka siswa-siswi yang berada dalam kelompok tersebut harus mengerjakan 4 soal pilihan ganda. Demikian seterusnya hingga semua kelompok dengan jelas memahami bahwa mereka harus mengerjakan berapa soal.
2. Setelah batas waktu yang ditentukan selesai, (misalnya 10 menit) maka soalpun dikumpulkan. Langkah selanjutnya guru membagikan sehelai kertas pada setiap kelompok. Setiap kelompok diminta menyimak, kemudian langsung mengerjakan soal yang dibacakan oleh guru. Lakukan sampai selesai.
3.Tahap berikutnya adalah menukarkan lembar jawaban yang dikerjakan siswa dari satu kelompok kepada kelompok yang lain. Pastikan jangan sampai siswa menilai kelompoknya sendiri. Biarkan anak yang menilai dan hal tersebut dilakukan oleh kelompok lain. Jika bapak dan ibu guru sudah sampai pada tahap ini, maka tahap berikutnya adalah guru membacakan jawaban yang benar. Kemudian mintalah siswa untuk menulis benar berapa dan salah berapa, dari keseluruhan jumlah soal yang telah dibacakan oleh guru hari itu.
4. Setelah jawaban dibacakan dan siswa telah menentukan benar berapa salah berapa. Maka langkah berikutnya adalah mintalah perwakilan kelompok untuk menyampaikan kelompok si A benar berapa salah berapa, si B dan seterusnya hingga selesai.
5. Langkah selanjutnya adalah meminta pertanggung jawaban siswa untuk menjelaskan kepada temanya dan kelompok lain. Alasan mengapa nomor satu harus jawaban C, kenapa tidak A atau B, ataupun tidak D dan E. Satu siswa usahkan satu nomor, dan diatur sedemikian rupa sehingga siswa bisa maju dan menjelaskan dasar argumentasi dan pemahamannya mengapa harus memilih jawaban tersebut.
6. Terakhir guru meluruskan bagian-bagian yang mungkin kurang tepat atau salah dan merangkum keseluruhan proses kegiatan belajar dan mengajar hari itu.

Manfaat yang bisa diperoleh siswa dengan menerapkan kegiatan belajar mengajar seperti ini adalah;

Pertama siswa belajar menemukan sendiri. Memang tanpa penelitian ilmiah, tetapi dari pengalaman saya hal ini bisa membangkitan ingatan dan pemahaman yang kuat terhadap materi yang dijelaskan.

Kedua siswa belajar untuk menahan diri, kerja sama tim, belajar mendengar dan berupaya maksimal untuk memahami karakter teman sekelompoknya. Tentunya hal ini bisa maksimal hasilnya jika intruksi guru jelas dan penguasaan kelas baik.

Ketiga melatih anak dalam keterampilan berbicara. Termasuk di dalamnya bicara soal gestur, artikulasi, intonasi, dan lain sebagainya.



Demikian sedikit tips mengajar, semoga bermanfaat.


****



1. Mars GBI, Mars bentuk pendek dari Martinus, nama saya. GBI, bukan Gereja Bethel Indonesia tetapi Guru Bahasa Indonesia. Jadi Mars GBI adalah, Martinus Guru Bahasa Indonesia.


BACA JUGA:

SUMBER-SUMBER HEBAT YANG DIBUTUHKAN UNTUK MENGAJAR DRAMA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Tips Belajar Bahasa Indonesia yang Menyenangkan"

Posting Komentar