Cara Mudah Membuat TTS Bahasa Indonesia

Banyak orang yang melakukan aktifitas bermanfaat untuk menghilangkan rasa jenuh di kala sedang santai. Salah satu aktifitas yang bermanfaat dan menyenangkan adalah mengisi teka-teki silang.

Cara Mudah Membuat TTS Bahasa Indonesia
          Teka-teki silang atau TTS adalah sebuah permainan dimana Anda harus mengisi kolom-kolom yang kosong. Kolom-kolom tersebut memiliki bentuk yang beragam. Anda harus menyusun huruf-huruf hingga membentuk sebuah kata sesuai petunjuk yang disediakan. Anda bisa menyusun huruf secara mendatar atau menurun. Tidak ada patokan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Selama huruf dapat membentuk sebuah kata yang diinginkan maka Anda berhasil menyelesaikan setiap tantangannya.

     TTS tersedia dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Mungkin Anda pernah bertanya cara membuat TTS Bahasa Indonesia. Anda bisa menemukan informasi tutorial praktis membuat TTS Bahasa Indonesia di berbagai sumber.

            TTS adalah media pembelajaran alternatif yang telah dikembangkan sejak tahun 1913 oleh Arthur Wynne. Saaat itu Arthur Wynne merancang sebuah teka-teki yang hingga saat ini masih disisipkan di media-media cetak. Bahkan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih maka diluncurkan sebuah situs berbasis web bernama Crossword Tournament. Bila Anda tertarik untuk merangkai sendiri TTS, maka cara membuat TTS Bahasa Indonesia praktis dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda pun tidak perlu membeli TTS yang tersedia di berbagai toko buku. Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana, TTS kreasi Anda akan jauh lebih menarik.

        Bagi Anda yang sudah tidak sabar untuk menyimak cara membuat TTS Bahasa Indonesia, berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Langkah pertama
Menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan
Pertama yang bisa dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat TTS. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup sederhana yakni secarik kertas kosong putih, pensil, spidol, penggaris, penghapus dan sebagainya. Bahan-bahan tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakaian.

Langkah Kedua
Menentukan ukuran TTS
Apabila Anda akan membuat sebuah TTS standar, maka Anda perlu membuat ukuran tertentu yang biasa digunakan. Dengan menentukan ukuran yang sesuai, kolom yang dibuat tidak akan kurang atau lebih. Gunakan penggaris yang telah disiapkan dan beri titik pada tiap bagian yang akan digambar. Cara ini akan memudahkan Anda untuk menggambar kotak secara sempurna.

Langkah Ketiga
Menghitung jumlah kotak
Anda bisa menghitung berapa jumlah kotak TTS yang diinginkan. Apabila Anda ingin membuat 11 kotak maka kolom mendatar dan menurun juga harus memiliki 11 kolom dan tidak boleh kurang atau lebih. Mungkin bila Anda menggunakan layanan online mungkin saja ada beberapa kolom yang bisa dipilih. Namun tetap saja kolom yang disediakan memiliki jumlah yang terbatas sehingga lebih baik membuatnya sendiri.

Langkah Keempat
Mewarnai hitam kotak
Langkah berikutnya adalah memberi warna hitam pada kotak. Anda bisa menghitamkan kotak-kotak tersebut hingga membentuk sebuah bentuk simetris. Anda bisa menggunakan spidol hitam yang telah dipersiapkan. Beri warna dengan teknik satu arah sehingga tampilan warna terlihat lebih rapi.

Cara Mudah Membuat TTS Bahasa Indonesia


Langkah Kelima
Membuat nomor
Bila semua kotak telah dibuat dan diwarnai, maka giliran Anda membuat penomoran untuk petunjuk kolom kata. Gunakan sistem penomoran ganjil genap, misal nomor ganjil untuk kolom mendatar dan nomor genap untuk kolom menurun.


Langkah Keenam
Menyusun kata-kata TTS
Mungkin ini adalah bagian yang sedikit sulit untuk dikerjakan. Anda harus menemukan kata-kata yang tepat sesuai jumlah kolom yang telah dibuat. Agar lebih mudah sebaiknya Anda menetapkan tema tertentu seperti tema olahraga, wisata, film, sejarah dan sebagainya.


Langkah Ketujuh
Mengisi jawaban TTS
Setelah menyusun kata, Anda harus menjawab setiap kolom yang sudah diberi nomor tersebut. Meskipun Anda belum menuliskan petunjuk atau pertanyaan TTS, Anda bisa menulisnya terlebih dahulu karena sudah menentukan tema sebelumnya.


Langkah Kedelapan
Membuat petunjuk atau pertanyaan TTS
Setelah menyusun kata-kata, maka Anda bisa menyusun petunjuk TTS. Petunjuk ini dapat disesuaikan dengan kemampuan yang ingin diasah. Bila dirasa ngin sekedar santai tanpa perlu berpikir keras maka Anda bisa membuat petunjuk yang lebih mudah. Sebaliknya bila Anda menginginkan yang teka-teki yang lebih menantang, Anda bisa membuatnya sedikit lebih sulit.


Langkah Kesembilan
Memberikan petunjuk atau pertanyaan yang samar
Berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda bisa memberikan petunjuk yang samar. Misalnya petunjuk ‘menggulung tikar’. Menggulung Tikar dapat diasosiasikan sebagai Bangkrut karena petunjuk ‘menggulung tikar’ berasal dari dua kata peribahasa ‘gulung tikar’ yang diberi imbuhan me- pada kata ‘gulung’. Anda bisa membuat petunjuk lainnya yang lebih sukar.


Langkah Kesepuluh
Membuat beberapa salinan
Jika Anda berniat mengirimkannya ke media cetak maka ada beberapa salinan yang harus disiapkan. Anda harus membuat TTS dengan kotak yang kosong. TTS dengan kotak yang telah terisi jawaban, daftar pertanyaan serta jawabannya. Untuk membuatnya hampir sama seperti membuat TTS. Apabila diterima, maka ada upah menarik yang akan diberikan.

Itulah beberapa cara membuat TTS Bahasa Indonesia. Selain meningkatkan kecerdasan, TTS juga dapat dijadikan sebagai terapi bagi Anda yang memiliki gangguan ingatan seperti mudah lupa atau pikun. Dengan memanfaatkan website atau perangkat elektronik lain, cara membuat TTS Bahasa Indonesia jauh lebih mudah, praktis dan cepat.



BACA JUGA:


Manfaatkan Teka-Teki Silang untuk Menguji Pemahaman Siswa

Keberadaan Bahasa Indonesia Memprihatinkan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat TTS Bahasa Indonesia"

Posting Komentar