Inilah Blog Terbaik Kelas XI IPA SMA Kanaan Pekan Ini

Inilah Blog Terbaik Kelas XI IPA SMA Kanaan Pekan Ini
Sumber foto : Echokite
Sidang pembaca dan guru bangsa di mana saja mengabdi, edisi menulis pekan ini, (20 Juni 2017 hingga 26/7/2017) adalah melaporkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa –siswi kelas X dan XI SMA Kanaan Jakarta via www.martinkarakabu.org (edisi pertama), namun terkendala dengan berbagi hal akhirnya kuurungkan niatku. Kali ini saya akan merilis 15 blog terbaik siswa-siswi kelas XI IPA SMA Kanaan Jakarta, periode 20 Juni hingga 26 Juni 2017.

Pembatasan periode waktu adalah sesuatu yang mutlak, mengingat blog-blog yang saya ulas adalah blog personal miliki siswa-siswi yang sebagian besar isinya adalah materi Bahasa Indonesia. Dimana akan selalu berubah, bertumbuh, dan berkembang seiring berjalannya waktu. Kategori baik disini adalah dari segi konten maupun desain blog. Tentunya subjektif sekali, apalagi tanpa indikator penilaian yang terukur. Namun sidang pembaca sekalian mengingat ini adalah media kami untuk belajar dan berbagi, supaya berarti maka batasannya adalah sebagai berikut:

Pertama adalah isi

Batasan soal isi disini tentunya sesuai dengan ketentuan dan standar yang saya jelaskan di muka kelas (isi teks, teks apa saja, maupun Bahasa yang digunakan). Mungkin hal ini agak sedikit berseberangan dengan konteks berpikir pembaca. Bisa juga tidak mengerti. Jika berbeda maka biarkan itu menjadi sebuah kekayaan bersama dan biarkan saya berkarya dengan standar yang ditentukan oleh tuntutan kurikulum 2013.

Kedua soal desain blog

Sebenarnya penilain pada point kedua ini, bukan keahlian saya karena saya hanyalah guru kampung biasa, yang sedang belajar mengolaborasikan perkembangan teknologi khususnya weblog dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, fokus penilaian saya hanya pada desain dan tampilan blog yang memudahkan pembaca mencari arsip tulisan dan tampilan yang bersahabat dengan pengunjung blog. Saya tegaskan bahwa konsep penilain saya pada point nomor dua bukan sebagai seorang master bloger, melainkan sebagai seorang pembaca biasa.   

Ketiga soal usaha siswa

Hal ini sangat penting, sebab yang namanya belajar tentu melalui beragam pasang surut; sedangkan remaja pastinya mengalami dinamika yang tidak bisa dilepaskan dari masa remajanya. Oleh karena itu, apresiasi meski hanya sebatas angka harus dilakukan untuk memberi arti bagi siswa-siswi yang mau berusaha.
Jadi penilaian saya menyangkut isi, desain blog, dan usaha siswa. Berikut ini 10 blog terbaik siswa-siswi kelas XI IPA, periode 20 Juni hingga 26 Juni 2017 dan 5 blog yang berada pada kategori aman. Konteks aman di sini terletak pada standar nilai KKM minimal.

PERTAMA KALEB JULIU

Blog personal yang dikelola oleh remaja yang tertarik dengan dunia bloging dan berharap kelak menjadi Web Developer tersebut; dari segi tampilan pembaca akan dimanjai dengan tampilan SEO ramah dan kualitas konten yang biasa diandalkan. Jika ingin mengenalnya lebih lanjut kunjungi  Kaleb Juliu Blog Personal.

KEDUA JESSICA OCTAVIANY

Anda suka sastra, atau menyukai dunia literasi?. Jika iya, maka saya sangat merekomendasikan untuk pembaca sekalian, khususnya remaja. Kunjungi Sastra Indonesia, sebuah blog personal yang dikelola oleh dara manis yang menyukai dunia tulis-menulis. Selain konten berkualitas (ukuran pelajar dan pemula), andapun akan dimanjakan dengan tampilan blog berlatar laut lepas yang senantiasa membawa imajinasimu terbenam pada permainan kata yang ekspresif. Mungkin kekurangan pada blog ini adalah tulisan yang sangat kecil dan sangat rapat. Namun jika anda suka membaca, saya percaya pembaca akan terhanyut pada kata-kata yang tanpa batas.

KETIGA WYNNE GABRIELLA

Anda tahu kata-kata reflektif?. Mungkin saya bukan seorang pujangga apalagi filsuf ternama namun jika berkenan, tengok sejenak definisi reflektif versi guru kampung macam saya.

Baca:


Wyn, panggilan Wynne Gabriella seorang remaja SMA yang menyukai dance ini pun memaparkan pilihan kata reflektif versinya.

“Ketika sang penguasa malam sudah mengudara, saat itulah aku menelusuri jalan setapak....” dan seterusnya.

Selanjutnya sidang pembaca bisa membacanya melalui Catatan Harian Kecil blog personal milik sang dara. Di sana pembaca sekalian akan disajikan pilihan kata bergennre sastra penuh muatan filsafat versi remaja SMA.***



Wah sudah malam. Besok harus mengajar, maka kuahiri celetohan tak bertepi ini di sini. 7 blog terbaik lainnya menyusul, bersamaan dengan 5 blog yang masuk pada kategori aman. Apakah anda salah satunya, nantikan kelanjutannya hanya di MAKAR (Martin Karakabu). 


BACA JUGA:

INILAH 10 BLOG TERBAIK DI KELAS X IPA SMA KANAAN JAKARTA 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Blog Terbaik Kelas XI IPA SMA Kanaan Pekan Ini"

Posting Komentar