Masalah Guru dan 5 Blog Guru Bahasa Indonesia yang Layak Dikunjungi

Masalah Guru dan 5 Blog Guru Bahasa Indonesia yang Layak Dikunjungi
Saya coba mencari di mesin pencarian google dengan kata kunci blog guru. Beragam blog yang dikelola oleh guru bermunculan. Sebagian besar blog yang dikelola oleh guru mirip website atau portal berita online ternama. Selalu memperbaharui konten, dan kualitas konten pun sangat layak untuk dijadikan rujukan untuk kegiatan literasi siswa maupun mahasiswa dalam menulis tugas akhir. Sangat menggembirakankan tentunya di zaman digital guru era baru hadir dengan inovasi yang baru. Sebuah pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa-siswi saat ini.

Namun sebagai guru Bahasa Indonesia saya merasakan suatu kejanggalan luar biasa saat mencari di mesin pencarian google dengan kata kunci blog guru Bahasa Indonesia.

Tahu apa yang muncul?;

Blog-blog spam yang publikasi tulisan terakhirnya 2011, 2013, dan 2014 yang lalu. Itupun isinya administrasi sekolah yang telah lama ditelan zaman. Ah guru Bahasa Indonesia, memprihatinkan menurut saya. Dalam pelajaran Bahasa Indonesia terdapat empat aspek keterampilan berbahasa. Satu diantaranya adalah menulis. Bagimana mungkin seorang guru Bahasa Indonesia mengajari materi menulis semantara yang bersangkutan tidak bisa menulis.

Ah menuliskan tidak harus di blog, atau menulis tidak harus dipublikasikan.

Lantas kalau menulis tidak harus dipublikasikan, pertanyaan saya untuk apa kita mengajari menulis?.

Kalau tidak di blog, lantas di mana?, apakah face book?. Sarananya beda.


Mengapa harus di blog?,

Alasan pertama tuntutan zaman digital dan generasi z yang diajarin, kedua dengan adanya K 13 guru bukan menjadi satu-satunya sumber informasi. Pada tataran ini guru harus bisa memberi contoh kongkrit pada siswa. Sebab jika tidak, hemat saya siswa akan mengalami suatu situasi kebimbangan tersendiri karena menerima informasi yang begitu banyak bertebaran di internet. Ketiga paradigma pembelajaran bahasa Indonesia K 13 semuanya berbasis teks.

Pertanyaan saya, apakah kita harus kopi paste dari tulisan orang lain yang bertebaran di internet untuk memberikan contoh teks anekdot yang benar kepada siswa?. Ah guru bangsa dikau harapan bangsa.

Berikut ini lima blog guru bahasa Indonesia terbaik versi admin. Ini mungkin sangat subjektif sekali. Apalagi penilaian hanya satu orang. Namun dari sekian lama pencarian saya di internet hanya inilah yang sekiranya bisa dijadikan refrensi bagi pembaca untuk dijadikan rujukan seputar kegiatan berbahasa.

Indikator penilaian yang pertama adalah list tanggal terakhir sebuah konten dipublikasikan. Hal ini untuk mengukur kekonsistenan guru bahasa Indonesia era baru dalam menanggapi perubahan zaman dan paradigma pendidikan saat ini. Kedua soal kualitas konten, ketiga adalah desain blog.Hasilnya adalah sebagai berikut:

Pertama 
Blog Guru Bahasa Indonesia 2017
Blog dengan alamat ling terakhir https://sumberbelajarsmkn10mlg.wordpress.com/2017/05 ini cukup aktif mempublikasikan tulisan-tulisan berkualitas. Tulisan terakhirnya adalah 8 Mei 2017. Kekurangan pada ini adalah penggunaan widget blog yang minim dan letaknyapun sangat sulit untuk ditemukan.

Kedua
Kedua Forum Guru Bahasa Indonesia Blog
Blog ini seharusnya berada di urutan pertama, namun tanggal publikasih konten tidak disertakan membuat saya agak ragu apakah blog ini dikelola secara kontinyu atau tidak. Tetapi soal isi jangan ragukan kualitas Masnur Muslich, seorang staf akademisi di Universitas Negeri Malang ini, sangat layak untuk dijadikan refrensi bagi guru maupun mahasiswa Bahasa Indonesia yang sedang mencari materi kuliah.

Sedikit berpendapat, olah kata admin blog ini sangat tinggi muatan ilmiahnya, jadi sepertinya agak sulit untuk dipahami oleh pelajar, apalagi yang tidak suka baca. Tetapi jika para pelajar yang ingin mempelajari aspek teori dan praktis kegaiatan berbahasa; Forum Guru Bahasa Indonesia sangat saya rekomendasikan untuk dikunjungi.

Ketiga 
Blog Gerakan Gemar Membaca

Sangat saya rekomendasikan untuk semua kalangan, pelajar, guru, mahasiswa, atau kalangan umum yang ingin mengetahui lebih dalam tentang empat aspek berbahasa. Layak untuk menempatkan blog gerakan gemar membaca berada di urutan kedua setelah forum guru Bahasa Indonesia Blog.

Blog gerakan gemar membaca yang dikelola guru kreatif ini menampilkan desain blog yang sangat baik dan konten-konten berkualitas..
Keempat 

Adalah sebuah blog personal yang memiliki muatan konten yang menarik dan berkualitas. seputar pendidikan dan Bahasa Indonesia. Namun desain tata ketak yang kurang menarik sehingga saya tempatkan blog ini di urutan yang ke empat.

Kelima 
Jiwaku Bahasa dan Sastra Indonesia

Blog dengan nama admin Saperiah An Nuur ini layak dikunjungi oleh umum, dan pelajar wanita yang mencari tugas Bahasa Indonesia. Semuanya ada di sana. Namun blog ini saya tempatkan diurutan terakhir karena terlalu berat loading blognya.

Demikian lima blog insipratif dan terbaik versi guru kampung semoga bisa bermanfaat bagi pencinta Bahasa dan satra Indonesia


Baca juga
10 blog hebat yang menemani perjalanan saya belajar blog

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Masalah Guru dan 5 Blog Guru Bahasa Indonesia yang Layak Dikunjungi"

  1. Masih sedikitnya guru yang ngeblog juga menjadi keprihatinan saya. Tapi disatu sisi saya juga belum membuat blog yang temanya khusus pendidikan. Saya takut nantinya blog itu hanya akan terlantar.

    Atau kita bikin blog kolaborasi ya ? haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Brian Terima kasih telah mampir di blog sederhana ini. Sepertinya itu ide yang bagus, tetapi jika mas Brian yang menggagas maka saya ikut saja heheh, soalnya jujur saya kagum terhadap mas Brian meski tidak menulis tentang pendidikan secara spesifik namun pesan yang disampaikan di profil blog Brian prasetyawan (bagian profil mas) pesannya tentang pendidikan kok. Boleh tu tapi kolaborasinya tentang sepak bola Indonesia. Jadi kita buat blog tentang sepak bola Indonesia dan saya menulis tentang persipura. gimana mas hehhe

      Hapus
    2. Tentang usuluan pembuatan komunitas blogger DKI, Wah.. gimana caranya ya hehe.

      Trus tentang blog sepakbola, boleh juga sih itu. Bisa dicoba hehe

      Hapus
    3. Saya juga bingung mas, tetapi saya yakin mas Brian bisa karena sepak terjang mas di dunia bloger (guru bloger sudah sudah bisa diandalkan, khusus untuk guru ya) bukan untuk komunitas bloger di luar guru. Soal itu saya kurang tahu... soal sepak bola kalau mas mau hayo, saya Persipura, Perseru, kalau sepak bola Papua, saya bukan master tetapi sedikit tahu, dan yang terpenting saya suka dan selalu mengikuti... Kalau sampai nulis sepak bola luar, saya nulis tentang Madrid dan Arsenal mas.. hehhe

      Hapus