Gemu Famire Berasal dari Maumere Bukan Papua atau Medan

Gemu Famire
Tulisan ini sebanarnya tidak ingin ditulis tapi ditulis. Maksudnya tidak ada niat untuk membahas topik yang kurang data dan refrensinyapun lemah, tetapi saya ingin menulisnya. Mengapa?, semuanya berawal dari lagu GEMU FAMIRE yang mendunia itu. Sesaat kemudian kubiarkan kopi panas mengalir membasahi krongkongan yang kering, sambil memperhatikan tingkah manusia di Tanjung Priok, Jakarta Utara sore tadi, Jumat (10/11/2017). Semua orang saling mengklaim bahwa karya FRANS CORNELIS DIAN BUNDA alias Nyong Franco tersebut milik mereka. Ada yang mengatakan lagu tersebut berasal dari Medan, Ambon, Manado. Bahkan yang lebih tidak bisa saya terima secara akal adalah tetangga sebelah rumah, yang mengatakan dari Papua.

Miris liat manusia di negeri ini, entah guru Geografi tidak pernah menjelaskan peta Indonesia ataukah orang-orang di ibu kota Jakarta yang hebat ini terlalu memikirkan macetnya ibu kota sehingga tidak pernah melihat Indonesia ini secara lebih luas lagi.

Pak presiden yang terhormat tolog lihat lagi, bahwa di sepanjang jalur Katulistiwa yang membentangi Banda Aceh hingga tanah Papua ada satu tempat yang namanya Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan memiliki seorang musisi bernama Nyong Franco. Salah satu karyanya kini menjadi refrensi saat senam di kantor maupun instansi-instansi di Indonesia bahkan dunia adalah GEMU FAMIRE.   

Hal ini sekaligus menjawab pernyataan yang salah dari seorang bloger yang bernama Jusuf Tobing yang bermodalkan informasi dari google tanpa versifikasi terlebih dahulu kemudian menulis bahwa lagu tersebut dari Kupang.

Berikut kutipannya:

“Diperjalan disebuah bus, sebuah Alunan musik yang sangat menghibur, tiba-tiba singgah beberapa menit ditelingaku, dan seakan memaksa tubuhku untuk bergoyang. Saat itu juga  saya penasaran dan segera mencari tahu asal-usul musik  tersebut,  aku bertanya ke om google lewat telepon selular yang saya punya. Akhirnya saya pun menemukan darimana musik tersebut berasal. 
Ternyata musik yang asik didengar itu dan diiringi tarian ala Maumere, Sikka, berasal dari Kupang Nusa Tenggara Timur yang berjudul GEMU FA MI RE. (http://thobink.blogspot.co.id/2015/02/lirik-lagu-gemu-fa-mi-re-dan-berasal.html)

Itu salah La’e yang benar lagu tersebut berasal dari Maumere NTT. Semoga hal ini bias menjawab pertanyaan dari para pencinta musik tanah air tentang asal muasal lagu GEMU FAMIRE.
***

Mencuri karya imajinatif dan kreatifitas seseorang tanpa izin adalah sebuah tindakan melanggar hukum. Termasuk siapapun yang menggandakan lagu Gemu Famire tanpa seizin penciptanya. Informasi terkait hal ini bisa baca Dilindungi UU Hak Cipta, Gemu Fa Mi Re maumere angkat wibawa musik daerah.


  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gemu Famire Berasal dari Maumere Bukan Papua atau Medan"

Posting Komentar