Inilah 10 Blog Terbaik di Kelas X IPA



Martin Karakabu Guru Bahasa Indonesia SMA Kanaan Jakarta


Semua blogger yang ada dikelas X IPA SMA Kanaan Jakarta adalah terbaik. Pernyataan tersebut, kesannya hanya untuk membesarkan hati anak-anak yang namanya tidak saya sebutkan di daftar blog terbaik versi saya.  Namun jika tanpa seorang bloger arus informasi di era digital yang serba cepat saat ini tidak akan tersampaikan secara maksimal.


Siswa-siswi sayapun adalah seorang bloger. Mengapa? Karena mereka melakukan aktifitas blogging. Mungkin mereka bukan pakar Search Engine Optimization (SEO) atau bloger professional tetapi apa yang mereka tunjukan menuju ke arah sana (baca: profesional).  Berikut ini adalah 10 blog terbaik versi saya. Indikator pengamatan saya bukanlah seperti yang dilakukan para pakar di dunia blogging yang  harus optimalisasi mesin pencari atau templete SEO.


Lalu apa? ada 2 indikator utama tentunya;  


  • Keberanian dan kreatifitas siswa dalam mendesain blog versi mereka.
  • Konten (tulisan-tulisan yang mereka hadirkan di blog masing-masing).



Inilah 10 blog terbaik, per 16 November 2017 (pukul 10.00 WIB)



1.         Yessica’s Blog
Bahasa Indonesia Yessica Blog
Yessica Blog

Saat pembaca dan saya mengunjungi blog dengan alamat http://yessicaaa18.blogspot.co.id kita akan dihadirkan sebuah pemandangan blog berlatar putih yang dipadukan warna hitam. Sebuah pilihan warna yang serasi. Seolah memberikan penekanan pada pembacanya bahwa, “kenyamanan anda dalam membaca tulisan saya adalah jawaban dari desain blog yang saya hadirkan saat ini”.


Belum lagi widget yang dihadirkan SEO abis. Hal ini menjadi sebuah jawaban, kalau remaja ini paham yang namanya optimalisasi mesin pencari google. Selain itu, konten yang dihadirkanpun tidak kalah sama bloger professional, meski yang bersangkutan masih berstatus seorang pelajar SMA kelas X. Seolah memberi penegasan bahwa “yang muda berkarya”.


Kekurangan pada blog ini menurut saya ada pada kekonsistenan dalam menghadirkan konten berkualitas dan bervariasi.


Itu sekilas tentang Yessica’s Blog. Silahkan ‘jalan-jalan’ dan telusuri maha karya remaja putri yang hebat itu.


2.         Claristandriyani Blog
Claristandriyani Bahasa Indonesia
Clasitaandryani Blog

Kalau bloger kelahiran tanah Borneo ini keunggulannya bukan pada desain blog melainkan konten yang dihadirkan. Desain blognya sederhana, ciri khas seorang remaja putri yakni warna pink dengan kombinasi putih. Sebuah template sederhana bawaan blog, tetapi soal update konten dalam blog remaja ini bisa saya katakana sedikit lebih unggul dari yang lainnya. Ini adalah pra syarat yang baik untuk seorang newbie (sebutan untuk bloger pemula).


Meminjam istilahmu “Tempat ini adalah tempat terbaik sebagai pelampiasan. Namun entah mengapa tempat ini menjadi teman terbaikku”. By.Clarandriyani.


Lampiskan ide-ide yang berseleweran di isi kepala untuk mencerahkan pembaca yang terhormat. Jika ingin mengenalnya lebih lanjut ikuti ling http://claristandriyani.blogspot.co.id


3.         Felicia A Blog
Bahasa Indonesia 10 Blog Terbaik di SMA Kanaan Jakarta
Felicia Blog

Blog ini saya tempatkan di urutan ke tiga sebab gadis ini agak jarang mengupdate blognya. Tetapi soal estetika, sidang pembaca yang terkasih; mari “menengok’ http://feliciairenax.blogspot.co.id dan telaahlah latar blog tersebut.


Dalam presepsi saya sebagai orang tentang seni, gadis ini sedang mengenalkan sisi lain tentang jiwa seninya. Oh ya soal kualitas menulis alumni SMP Cicilia Sunter ini cukup baik. Ini sebuah petuah dari guru kampung, yang abadi hanyalah karya yang baik. Buatlah abadi dengan berkarya melalui apa yang kamu bisa.


4.         F. Vivi Blog
10 Blog Terbaik di SMA Kanaan Jakarta Vivi
Vivi Blog

Bloger kelahiran 5 Juli 2002 karyanya telah menembus ketatnya persaingan di portal berita warga www. Nulis.id. Jika demikian mengapa tidak ditempatkan pada urutan yang pertama?. Jawabannya hanya bisa dipahami jika anda menjadi gurunya, dan membimbing gadis yang mengaku malu jika harus bertemu dengan orang yang tidak dikenalnya (lha bukanya takut?  hehehe).


Oh ya supaya saya tidak seperti orang yang sok tahu, baca ulasanya di sini ABOUT ME. Bloger yang satu ini kekuatannya ada pada keberaniannya untuk mencoba hal baru menurut versinya sendiri. Soal konten dan intensitas update konten di atas rata-rata. Namun hal yang perlu diperbaiki adalah soal percaya diri dan konsisten dalam menulis (bicara kualitas bukan kuantitas). Terus bersemangat dan jangan lelah untuk mencoba menjadi lebih baik lagi.    


5.         Evan Aurelrius Blog
Evan Aurelrius Blog 10 Blog terbaik SMA Kanaan Jakarta
Evan Blog

Mungkin julukan yang tepat untuk bloger yang satu ini adalah pegiat dunia google ling. Dia bukanlah seorang pakar codding atau ahli soal HTML blog tetapi pengetahuanya soal codding dan HTML saya katakana yang paling terbaik diantara rekan-rekannya. Kualitas konten rata-rata baik.


Saya bukanlah seorang peramal tetapi satu keyakinan bahwa jika bloger kelahiran Jakarta ini konsisten di dunia google ling rasanya tidak berlebihan jika saya katakana suatu saat yang bersangkutan bisa membuat template blog.


Jika anda bertanya tentang alasan maka baca dulu profil SEMUA YANG PERLU KALIAN TAU dan lihat juga cara dia mendesain blog (tolong melihatnya jangan dari pandangan seorang bloger professional agar mampu memandang potensinya yang tersembunyi). #so iye.


6.         DIRA'S WORDS
Indira 10 Blog Terbaik di SMA Kanaan Jakarta
Indira Blog

Dia bukanlah seorang ahli coding apalagi HTML tetapi satu yang pasti dia ahli dalam menulis. Olahan kata maupun permainan kata-katanya seperti penulis filsafat yang beraliran sastra. Agar saya tidak terlalu berlebihan memuji muridku yang satu ini, yok pembaca saya ajak untuk jalan-jalan ke blog pribadinya dan melihat hasil literasi versi gadis keturunan India ini. MORE ABOUT ME.


Kualitas tulisanya paling terbaik diantara semua yang terbaik di kelasnya, dan salah satu yang terbaik di SMA Kanaan Jakarta. Lha terus mengapa tidak di urutan pertama? Jawabanya ada pada kemampuan mendesain blog, maupun kekonsistenan dalam menulis (bicara kuantitas), ukuranya adalah kemampuan yang dimiliki gadis ini. Menulis untuk hidup #lanjutkan Dira.


7.         Wei You Tung Blog
10 Blog Terbaik SMA Kanaan Jakarta Wei
Wei Blog

Gadis negeri tirai bambu beraroma Indonesia, hehhee. Lebay, atau bingung maksud saya?, nah daripada menjustifikasi saya yang bukan-bukan atau banyak tanya tentang pernyataan saya lebih baik baca dulu profilnya. ORANG ASING DI SMA KANAAN.


Lanjut soal blog, hasil literasi online dari gadis ini saya tempatkan pada urutan ke 7 karena kualitas kontennya tidak “wah”, namun bagi yang menyukai gaya bercerita tulisan gadis ini sangat saya rekomendasikan. Gayanya menulis seperti orang sedang berbicara dengan sahabat. Santai, sederhana dan apa adanya, bukan ada apanya. 


Satu hal yang menarik adalah desain blognya yang klasik dan mengandung unsur seni tempo dulu. Mungkin berlebihan jika saya katakan seperti para pujangga abad masehi memainkan kata dalam selembar kertas papyrus, lagi-lagi lebay tetapi sebenarnya itulah kesan saya pada desain blog ini.


8.         Weilie
Weilie 10 Blog Terbaik di SMA Kanaan Jakarta
Weilie Blog

Apa bedanya bloger ini dan desain blognya. Jawabanya tidak ada, selain desain blog yang cukup rapi dan bersih. Lantas apa yang membuat saya menempatkan blog ini pada 10 besar versi saya?, jawabanya nice (tema blog) mulai terlihat.


Blog yang saya minta sebenarnya gado-gado temanya. Namun si murah senyum ini telah mencoba untuk fokus pada segala sesuatu tentang peta dan geografi. Kunjungi http://weiliewinaldy.blogspot.co.id dan telusuri maha karya dari bloger pendiam ini.
    

9.         Citra Andani
10 Blog Terbaik di SMA Kanaan Jakarta
Citra Blog

Bloger yang satu ini sebenarnya kualitas menulisnya cukup baik, konten yang dihadirkan pun sangat berkelas (ukuran seorang pelajar tentunya). Namun desain blognya (sebelum saya menulis topik ini) masih perlu diajarin lagi pemahamannya soal template.


Kini gadis yang sangat piwai menari balet ini perlu diberi apresiasi soal penggunaan template. Bukan template premium melainkan template sederhana bawaan bloger. Apresiasi soal usaha gadis ini ada pada pemilihan template mayoritas putih dengan tulisan hitam. Pilihan warna yang sangat disukai oleh google adsense. Entah ini kebetulan atau sang darah tahu, saya tidak bisa berasumsi. Namun pilihan template dominan putih adalah syarat mutlak bagi seorang bloger yang ingin melakukan hoby menulis sambil mencari duit di internet. Kunjungi http://andanicitra18.blogspot.co.id dan berkenalan lebih lanjut dengan bloger cantik ini.    


10.          Untuk menjadi 10 saya minta isi sendiri (siswa-siswi kelas X SMA Kanaan Jakarta) melalui kolom komentar, blog mana yang menurut kalian masuk nominasi 10 besar blog terbaik versi saya.


Demikian 10 blog terbaik (-1) dari calon-calon bloger hebat di kelas X IPA SMA Kanaan Jakarta. Semua kalian adalah terbaik, mereka yang saya sebutkan kebetulan belajar lebih dulu sehingga “sedikit tahu lebih banyak”. Tetap semangat dan terus berkarya anak-anak yang terkasih. @


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Inilah 10 Blog Terbaik di Kelas X IPA"

  1. Menurut saya, orang yang pantas berada di urutan ke sepuluh di daftar blog terbaik di kelas 10 IPA versi Pak Martinus adalah sang ketua kelas, yakni Ferdy Lielionard. Salah satu tulisannya yang bercerita tentang hal kecil yang dapat dilakukan untuk lingkungan sekitar menyadarkan saya akan hal - hal kecil yang dapat berdampak bagi lingkungan. Dan juga, saya harap ia dapat menulis lebih banyak di blognya, Karena, saya yakin teman saya ini punya potensi dalam hal menulis.

    BalasHapus
  2. wah sip de, pasti dipikirkan, salam

    BalasHapus