Inilah 3 Besar Blog Terbaik di Kelas XI IPS 2 SMA Kanaan Jakarta

Sidang pembaca terkasih ini untuk kesekian kalinya saya mencoba menjadi “hakim” dengan menilai literasi online; yakni suatu sistem pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis pada platform blog gratisan, yang coba saya terapkan di SMA Kanaan Jakarta sekitar  lima bulan yang lalu. Hasilnya beragam. Setiap kelas dan setiap angkatan memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda-beda untuk memahami HTML, Coding, dan widget dalam sebuah blog.

Kali ini saya coba Mereview karya mereka (baca: kelas XI IPS 2). Secara keseluruhan semua berproses. Ada yang berproses dengan menghalalkan segala cara (termasuk kopi paste). Terkait hal ini saya tahu karena di blog saya (tempat saya memasang tautan ling anak-anak) dipasang aplikasi anti kopi paste (yang gratisan hehe); tidak mengapa yang penting saya tahu konten ini ‘kopas’ atau bukan. Lagi-lagi saya temukan para newbie ini kopas. Entahlah, lelah melihat yang seperti ini. Jadi untuk kategori konten kopas tidak saya ‘lirik’ meski blognya memenuhi standar dan kontenya sehebat penulis Andrea Hirarta sekalipun tidak akan saya nilai.

Selain itu dalam berproses ada siswa-siswi yang awalnya (terlihat dari kontennya) sangat semangat untuk menghadirkan tulisan berkualitas, namun pada akhirnya asal kumpul atau asal jadi; untuk yang seperti inipun semantara diabaikan saja.

Berikut ini 3 blogger terbaik (di kelas XI IPS 2) dan mau berproses tentunya. Itu yang akan saya review. Indikator penilaian saya ada dua. Pertama si bloger ini harus mampu mendesain blognya versi dia. Artinya template blog yang dipasang bisa diutak-atik dengan kreatifitasnya sendiri sehingga yang tampak bukan template gratisan versi blogger.com melainkan pemilik blog tersebut. Kedua konten (tulisan) yang ada dalam blog tersebut dari segi tata letak dan kebermanfaatanya ada dan terus berproses. Singkatnya yang menjadi kriteria penilaian saya adalah desain blog dan konten yang berkualitas.

Berikut ini 3 bloger yang memenuhi standar itu (tentunya versi saya). Saya bukan master blog, hanya pemula yang juga sedang belajar.  
   

1.       Meihara World

INILAH 3 BESAR BLOG TERBAIK KELAS XI IPS 2 SMA KANAAN JAKARTA
MEIHARA BLOG
Blog terbaik di kelas XI IPS 2 dengan cukup susah payah akhirnya saya putuskan, layak untuk diberikan kepada Meihara, gadis cerdas yang bercita-cita mendirikan restoran dengan usahanya sendiri ini. Kualitas kontennya mungkin bukan yang terbaik, tetapi kemampuan dan kemauan dari gadis ini untuk mengolah kata dan kalimat menjadi sebuah paragraf yang padu layak untuk diberi apresiasi, (mungkin dengan nilai dan hanya itu yang bisa diberikan).    

Menentukan blog terbaik (pertama dan Kedua) di kelas XI IPS 2 cukup sulit antara Meihara dan Hellen. Dua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

3 hal yang pasti dan itu sama. Kedua blog ini mendesain blognya mewakili karakter mereka masing-masing (bukan sok tahu tetapi saya wali kelasnya sejak kelas X jadi cukup paham dengan karakter 2 bloger ini). Kesamaan kedua adalah masing-masing total dan berinovasi versi mereka untuk mempercantik blognya. Kesamaan yang terakhir atau ketiga adalah mereka tidak lupa yang namanya estetika.

Perbedaan keduanya ada pada halaman tatis (Meihara ada, Hellen tidak ada). Ini menjadi sulit buat saya tentukan, sebab memasukan sosial media ke blog adalah syarat yang saya berikan sejak awal membangun blog, tetapi memasukan halaman tatis di home page blog untuk template gratisan tidaklah muda buat pemula. Jadi faktor yang ini pun perlu untuk saya pertimbangkan. Akhirnya keputusan ada pada kualitas konten. Soal ini biarlah sidang pembaca yang menilainya sendiri dengan mengunjungi TENTANG SEORANG MEIHARA dan Hellen (lihat nomor 2).

Jadi intinya dua bloger ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, namun keputusan untuk menetapkan Meihara di bagian pertama karena kualitas konten yang dihadirkan sedikit lebih baik dari Hellen.

Kekurangan dari Meihara blog ada pada sosial media (tidak ada) dan update kontennya tidak konsisten. Temukan duniamu dengan terus membaca dan menulis.     

2.       Hellen Yoanita

INILAH 3 BESAR BLOG TERBAIK KELAS XI IPS 2 SMA KANAAN JAKARTA
HELLEN YOANITA BLOG
Bloger yang cukup pandai bermain gitar ini, sejatinya memiliki banyak hal yang istimewa. Namun yang bersangkutan sedang asik menikmati masa remajanya; sehingga potensi-potensi yang saya sebutkan istimewa tersebut belum terlihat maksimal. Tidak apa-apa yang penting terus berproses dan menunjukan hasil bukan teori itu yang harus dihargai. Tentang gadis ini dari presepsi saya lihat di sini: Hellensi Cerdas yang Potensial.

Soal literasinya, konten yang dihadirkan cukup berkualitas. Sejatinya gadis ini bisa menciptakan yang lebih dari yang ada pada blognya, bukan sok tahu tetapi saya cukup paham kualitas bloger ini. Nah soal desain blog, saya tidak tahu komentar pembaca yang mungkin tidak memahami yang namanya Search Engine Optimization (SEO). Tetapi buat bloger professional yang cukup paham tentang blogging, saya memiliki keyakinan mereka sependapat dengan saya. Bahwa template yang digunakan SEO abis. Terutama pandangan soal template yang ramah pada pembaca dan widget yang memudahkan pembaca untuk untuk menelusuri tulisan-tulisan selanjutnya pada sebuah blog. (Koreksi kalau salah para master blogger, saya hanyalah seorang pemula).

Apa kekurangan pada blog ini. Ukuran seorang pemula dan anak SMA jawabanya belum ditemukan, tetapi bukan berarti tidak ada. Namun untuk ukuran literasi siswa. Maka kekurangan pada blog ini ada pada kualitas konten yang teramat sangat singkat dan updatenya pun tidak konsisten. Sedikit kata dan banyak memberi bukti itu lebih baik. Terus berkarya dengan apa yang kamu bisa. Jika ingin berkenalan lebih lanjut dengan bloger ini silahkan kunjungi personal blognya HellenYoanita.

3.        Vellen

INILAH 3 BESAR BLOG TERBAIK KELAS XI IPS 2 SMA KANAAN JAKARTA
VELLEN BLOG
Blog terbaik yang ketiga versi saya adalah vellen Blog. Nama blog yang sesuai dengan nama pemiliknya. Tampilan blognya sangat sederhana, mewakili karakter seorang remaja putri warna pink. Tetapi kualitas kontenya tidak sederhana. Secara sepintas pernayataan saya bisa dibantahkan sebab kualitas tulisannya ada bloger lain yang sedikit lebih baik. Tetapi mengapa Vellen yang dipilih?. Sentimenkah saya soal penilaian.  Biarlah anak-anak yang menilai saya, sebab tugas saya menilai blog mereka bukan membahas tindakan saya adil atau tidak. Heehehe kok jadi ga nyambung ya…?

Baiklah kita kembali ke topik. Istimewanya blog ini, (sama dengan blog pertama dan kedua); yakni desain blognya mewakili karakter pemiliknya. Tetapi faktor yang lebih penting adalah mereka bisa mengubah desain blog dari yang asli (bloger.com) ke versi pemilik blognya.  Jadi 3 blog yang saya sebutkan, termasuk Vellen sistem kerjanya bukan log in masuk ke desain blog kemudian pilih tema dan terapkan di blog. Bukan sebatas itu, tetapi mereka mampu melampaui itu. Mereka masuk ke desain tindaklanjut dan berkreasi di sana. (Itu yang harus dihargai, sebab sampai pada taraf itu cukup sulit).

Jadi kelebihan Vellen Blog ada pada desain dan kualitas konten yang dihadirkan. Sidang pembaca saya ajak menelusuri Vellen blog dan membaca tulisan yang berjudul Cara Makeup Natural Untuk Para Remaja. Apa istimewanya tulisan tersebut, jawabanya sangat relatif antara pria dan wanita. Tetapi point yang mau saya sampaikan adalah gadis ini bisa memahami sebuah kata yang bernama manfaat. Maksudnya apa pak?.

Maksudnya setiap tulisan yang dihadirkan dalam sebuah blog, jangan sepenuhnya untuk kepentingan penulis semata melainkan hadirkan juga tulisan-tulisan yang membawa manfaat bagi pembaca. Taraf ini maka kreatifitas, estetika, kemauan, dan kemampuan menulis sangat diperlukan. Sedangkan kekurangan pada blog ini ialah widget blog yang tidak lengkap (maksudnya widget utama) seperti popular post tidak ada. Kemudian sosial media (instagram atau face book, seperti yang saya himbau tidak dilakukan).

Demikian 3 blog terbaik versi www.martinkarakabu.org pekan ini. Semua adalah terbaik tetapi selalu ada yang paling baik sebab mereka mau berkorban waktu, tenaga, kuota internet untuk sebuah tujuan dan menjalankan sebuah perintah karena mereka bertanggung jawab. 

Bagaiman dengan yang lain…nyerahkah, masa bodohkah. ……hanya kalian yang tahu. Semoga selalu sukses.

BACA JUGA:





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 3 Besar Blog Terbaik di Kelas XI IPS 2 SMA Kanaan Jakarta"

Posting Komentar