EKSPEKTASI dan Realita Moralitas di Indonesia

Oleh
Meihara Putri Siswi Kelas XI IPS SMA Kanaan Jakarta
Sumber gambar klik di sini

Kehidupan bersosialisasi merupakan lahan atau tempat di mana setiap orang berperilaku sesuai dengan karakternya masing-masing. Seiring berjalannya waktu, jaman akan terus berkembang. Pengaruh dari luar baik itu baik ataupun buruk akan masuk dengan mudahnya. Moralitas yang berperan sebagai pengatur dan pengarah merupakan unsur penting dalam kehidupan seseorang khususnya di kehidupan bersosialisasi. Penanaman nilai moral yang baik akan membuat pribadi tersebut menampilkan karakter yang baik. Akan tetapi sebaliknya, jika moral tidak tertanam dengan baik maka pribadi tersebut akan menampilkan karakter yang buruk.

Sejatinya, manusia harus saling menghormati. Anak-anak harus menghormati orangtuanya, menghormati serta mengasihi temannya, dan juga menghormati orang lain.

Tetapi, dapat kita telaah kembali. Pada sekarang ini, faktanya banyak remaja yang berperilaku tidak sopan pada orang yang lebih tua, bahkan kepada kedua orangtuanya sendiri. Selain itu, dapat kita lihat banyak kasus pembully-an yang dilakukan oleh temannya sendiri khususnya di Indonesia.

Di SMA Nusantara, misalnya. Dilansir liputan6.com, dalam sebuah video amatir terlihat lima orang junior yang tidak disebutkan namanya itu dipaksa meminum air oplosan oleh sejumlah seniornya.

Kemudian dengan seorang ibu rumah tangga yang dianiaya oleh anaknya. Seperti dilansir oleh nasional.republika.co.id, Halimatusa’diah (42) dianiaya oleh anaknya sendiri karena tidak mendapat uang untuk berbelanja.

Dari dua kejadian diatas, apakah mungkin seseorang yang memiliki moral akan melakukan dua hal tersebut? Menganiaya temannya bahkan orang tuanya sendiri. Jika sudah seperti ini, siapakah yang dapat disalahkan? Semua yang terjadi memiliki faktor penyebab.


Jika kita lihat kembali, perbuatan kriminal yang dilakukan anak-anak disebabkan karena nilai moral yang tidak tertanam dengan baik di dalam diri mereka. Oleh sebab itu, pendidikan dan penanaman moral sangatlah penting dalam diri anak. Bukan hanya pendidikan moral dari sekolah, tetapi yang terpenting adalah penanaman moral dari orang tua. Karena sejujurnya, keluarga merupakan faktor penting dalam perkembangan seorang anak. Penanaman moral yang baik akan membuat anak berkembang menjadi pribadi yang lebih baik dengan karakter yang baik juga. (Meihara Putri)

Lihat blog personal Meihara 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "EKSPEKTASI dan Realita Moralitas di Indonesia"

Posting Komentar