7 Cara Agar Kamu Bisa Produktif

7 Cara Agar Kamu Bisa Produktif
Tiap akhir tahun menuju tahun baru, orang mendadak sibuk merenung. Ada yang merenung sambil liatin kembang api, ada yang sambil BAB, dan ada juga yang sambil manjat genteng. Setelah merenung, orang biasanya bakal bikin resolusi baru. Katanya sih tahun baru harus punya target baru, harus punya pencapaian baru, dan harus jadi orang yang lebih baik. Katanya juga sih tahun baru, resolusinya harus makin produktif. Tapi semakin beriringnya waktu, pasti malas menahan. Rasanya malas ngelakuin resolusi yang dibuat apalagi jadi produktif.
Gimana sih caranya produktif?? Yuk coba ikutin tips-tips di bawah ini biar kamu bisa produktif!

1.     Buat to do list yang simple!

To do list itu apa? To do list adalah rencana kerja yang bakal kamu lakuin. To do list dibuat jangan muluk-muluk kayak, hari ini harus bisa belajar kunci gitar satu lagu. Itu salah besar! Kalau kamu buat to do list kayak gitu pasti rasanya malas banget kan ya?? To do list dibuat sesimple mungkin kayak, hari ini mulai ngerangkum tugas 2 lembar, hari ini bisa belajar 3 kunci gitar. Kalau kayak gitu, rasanya semangat kan jalaninnya? To do list ngebantu banget biar kamu kerja makin produktif dan efesien lohh!!

2.     Planning!

Setelah kamu buat to do list, kamu bisa rencanain mana dulu yang bakal kamu kerjain. Kamu bisa tentuin mana yang menurut kamu paling penting atau yang kamu prioritasin. Misalkan kamu ada tugas makalah, kamu kerjain sehari ngetik 2 lembar. Pelan-pelan, tugas itu bakal selesai tanpa ngerasain berat ngerjainnya. Seru banget kan rasanya tugas gajadi beban lagi buat kamu??

3.     Hindari gadget dan internet!

Wah kenapa harus hindari gadget? Karena gadget ngebuat kamu makin malas! Sekali kamu buka postingan instagram, tanpa kamu sadari, kamu udah ngabisin waktu 2 jam buat stalk orang doang! Menghambat produktivitas kamu banget kan? Nah makanya sebisa mungkin kamu tahan gak megang gadget dan ngelakuin to do list kamu!

4.     Tidur yang cukup!

Tidur yang cukup bisa ngebuat kamu makin produktif di esok harinya! Kalau kamu tidur dengan waktu yang cukup pasti bangun rasanya segar bugar dan semangat melakukan setiap aktivitas kan? Makanya tidur yang cukup itu penting banget loh! Kalau kamu kurang tidur, kecerdasan emosional, sikap menghargai diri sendiri, memahami orang lain dan ketegasan juga akan berkurang loh!

5.     Olahraga!

Pagi-pagi kamu bangun, sebisa mungkin luangin waktu kamu untuk olahraga karena Aktivitas fisik dapat melepas hormon endorphin yang membuat tubuh dan pikiran lebih bahagia lohh! Kalau kamu berolahraga selama 20 menit di pagi hari dan berkeringat, endorphin bisa ngasih dorongan ekstra yang buat kamu bersikap yang benar dan kemampuan fisik untuk mengatasi tantangan hari itu!

6.     Istirahat sejenak

Istirahat juga penting banget loh! Kalau kamu terlalu semangat pengen produktif, yang ada malah kecapekan yang bisa buat kamu sakit. Ataupun juga kamu lagi ngebuat makalah yang bikin otak kamu mandet dan gaada ide lain buat lanjutinnya. Pasti sangat menguras mental ngerjainnya kan? Sempetin diri kamu buat jalan-jalan sebentar atau gak, ngobrol! Ini ngebantu banget biar pikiran kamu istirahat sejenak. Seengaknya mumet kamu bisa ilang!

7.     Tidak membuang waktu!

Waktu adalah emas, sehingga menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi lebih produktif loh! Dibantu dengan to do list yang telah dibuat, kamu pun tidak akan membuang waktu percuma. Kamu tahu hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai apa yang diinginkan.

Gimana dengan 7 tips diatas? menjadi produktif ga sesusah itu kan? Asal kamu mau mulai dari sekarang dan gak terjerat dari kemalasan, kamu udah produktif! Masih ada waktu kok buat kamu berubah kalau kamu mau!



Stella Aurelia


Baca juga:



3 Cara Agar Smartphone Menjadi Smartpeople



Sumber Gambar

www.texodesign.com.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Agar Kamu Bisa Produktif"

Posting Komentar