Begini Cara Gampang Membuat Surat Izin Mengemudi

http://purwodadi.magetan.go.id

Setiap orang wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk dapat mengemudikan kendaraan bermotor di jalan. SIM tidaklah berupa surat, melainkan berupa kartu. SIM berfungsi sebagai bukti kemampuan seseorang dalam mengemudi kendaraan bermotor dengan benar berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas  dan juga sebagai registrasi data pengemudi kendaraan bermotor yang digunakan untuk mendukung penyelidikan dan identifikasi forensik kepolisian.

 Berikut ini cara membuat SIM.

1.)  Pertama, Anda siapkan dokumen berupa KTP asli dan foto copy KTP sebanyak 5 lembar, berikutnya hasil tes kesehatan. Untuk tes kesehatan, bisa dilakukan di rumah sakit, klinik atau biasanya di dekat Polres pembuatan SIM juga tersedia tempat tes kesehatan.

2.)  Selanjutnya, Anda pergi menuju loket formulir pendaftaran, serakan dokumen yang telah disiapkan untuk dilakukan pengecekan. Apabila data sudah lengkap, anda akan menerima formulir pendaftaran beserta map.

3.)  Setelah mengisi formulir tersebut, serahkan formulir dan kelengkapannya ke loket penyerahan formulir. Setelah menyerahkan formuir, Anda akan memperoleh bukti penyerahan formulir yang akan digunakan pada tes teori dan tes praktek.

4.)  Anda akan menjalankan tes teori yang berisi tentang peraturan saat mengendarai di jalan raya. Ujian teori ini dilakukan menggunakan computer. Untuk mengetahui hasil tes ini, Anda tidak perlu menunggu lama. Jika Anda tidak lulus, maka Anda harus kembali mengikuti tes teori dua minggu setelah Anda melakukan tes.

5.)  Selanjutnya Anda harus mengikuti tes praktek. Untuk mengetahui waktu melakukan tes ini, Anda dapat bertanya kepada petugas. Tes ini bertujuan untuk menguji keterampilan Anda dalam mengemudi. Jika ada kesalahan sedikit, maka akan menyebabkan Anda tidak lulus, dan harus mengikuti kembali tes tersebut.

6.)  Apabila Anda telah dinyatakan lulus tes, bawalah berkas Anda menuju ke loket pembayaran. Di loket pembayaran, Anda akan dilayani oleh petugas dari bank langsung. Anda harus membayar registrasi pembuatan SIM. Setelah itu Anda akan mendapatkan bukti pembayaran yang akan digunakan saat pengambilan SIM.

7.)  Selanjutnya, bawalah bukti pembayaran ke dalam ruang entry data untuk mendapatkan nomor antrian. Jika nomor antrian Anda dipanggil, masuklah ke ruang foto SIM. Foto SIM disarankan menggunakan baju berkerah. Setelah pengambilan foto selesai, selanjutnya petugas akan membacakan, atau menunjukan data diri Anda yang akan dicetak di SIM. Selanjutnya mengambil sidik jari secara digital dan mengambil tanda tangan secara digital.

8.)  Jika Anda sudah melewati semua langkah di atas, makan Anda tinggal menunggu waktu pengambilan SIM yang sudah jadi di loket pengambilan SIM.


Sekian langkah-langkah pembuatan Surat Izin Mengemudi, semoga bermanfaat bagi pembaca. Selamat mengikuti petunjuk pebuatan SIM dan jadilah pemilik SIM yang bertanggung jawab. (Yohana)


Baca juga

Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor 



Sumber gambar
http://purwodadi.magetan.go.id 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Begini Cara Gampang Membuat Surat Izin Mengemudi"

Posting Komentar