Sukses Kuliah Bukan dari Kampus yang Hebat, Termasuk Perguruan Tinggi Luar Negeri: Catatan untuk Calon Mahasiswa


 
Sukses Kuliah Bukan dari Kampus yang Hebat, Termasuk Perguruan Tinggi Luar Negeri: Catatan untuk Calon Mahasiswa
Suasana pada Education & Training Expo 2018 di Jakarta Convention Center ( JCC), Jumat, 23 Febuari 2018.
Dokumentasi pribadi
“Saya tidak tertarik dengan pameran ini pak, karena saya akan kuliah di luar negeri yang universitasnya tidak ada di sini”, jelas Rico, satu dari sekitar 78 anak SMA Kanaan Jakarta yang mengunjungi pameran Education & Training Expo 2018 di
Jakarta Convention Center ( JCC), Jumat, 23 Febuari 2018.

Kegiatan ini bertujuan memberikan informasi tentang perguruan tinggi swasta maupun negeri; baik dalam negeri maupun luar negeri untuk calon mahasiswa baru. Seperti bidang studi dan beasiswa yang ditawarkan, prosedur pendaftaran, hingga fasilitas kampus, dan lain sebagainya.

Dari pantauan penulis hadir pada pameran tersebut adalah siswa-siswi SMA/SMK di Jabotabek dan sekitarnya, guru, praktisi pendidikan, maupun orang tua murid atau umum.

Kembali kepada Rico, salah seorang muridku yang merasa tidak tertarik dengan kegiatan yang cukup bermanfaat tersebut; bahkan bukan hanya Rico, rekan-rekannya yang lain pun mengatakan hal yang sama. Alasan beragam, namun satu alasan yang cukup membuat penulis tergelitik ialah kuliah di luar negeri prospek kerjanya lebih baik. Benarkah itu?

Penulis teringat pada ulasan TJIPTADINATA EFFENDI kompasiner senior yang berjudul  Lulusan Universitas Luar Negeri? Sebaiknya Magang Dulu. Membaca ulasan tersebut dan mencoba untuk merefleksikan keinginan murid-muridku untuk mengenyam pendidikan di luar negeri, menuntunku pada sebuah pemikiran sederhana.
Dimana saja kuliah, sekalipun di perguruan tinggi abal-abal; jika mau berusaha untuk menjadi terbaik dan memiliki skill yang mumpuni maka pekerjaan yang akan mencari kita bukan kita yang mencari pekerjaan***
Suasana pada Education & Training Expo 2018 di Jakarta Convention Center ( JCC), Jumat, 23 Febuari 2018. Dokumentasi pribadi
Suasana pada Education & Training Expo 2018 di Jakarta Convention Center ( JCC), Jumat, 23 Febuari 2018.
Dokumentasi pribadi
Pameran ini akan diikuti sebanyak 160 peserta. Antara lain; Universitas Indonesia ,Universitas Gadjah Mada,Universitas Islam Indonesia Jogjakarta,Universitas Islam Indonesia Jogjakarta,Universitas Katholik (Unika) Atma Jaya,Universitas Kristen Indonesia, Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi ,Education Malaysia Global Services (Emgs), Kyungsung University,Binus Aso School Of Engineering , Bina Sarana Akademi Par Iniwfoisramtaa Tbiksai (Bsi) , Lembaga Pendidikan & Pelatihan Polri dan Akademi Militer.


Tulisan ini pernah dimuat di kompasiana dengan judul: 

Di Balik Pameran "Education and Training Expo 2018" Ada Tanya





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sukses Kuliah Bukan dari Kampus yang Hebat, Termasuk Perguruan Tinggi Luar Negeri: Catatan untuk Calon Mahasiswa"

Posting Komentar